Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas

Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas

19670004 Pekanbaru, (JF). Hari ini pertama ujian semester genap dilaksanakan, 3 mata pelajaran dalam 1 hari yang akan dilaksanakan santri SMP Islam Plus Jannatul Firdaus. Ujian kenaikan kelas sesungguhnya tidak kalah menegangkan dibandingkan dengan UN. Para santri sudah mempersiapkan ujian ini, karena ujian ini menentukan mereka naik kelas apa tidak.

Kesehatan adalah modal utama kebugaran fikiran dalam menghadapi ujian. Jika siswa kurang sehat, misalnya flu atau batuk, pasti akan mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan soal-soal ujian. Oleh sebab itu kurangi bergadang atau melakukan pekerjaan yang menguras tenaga. Tentu saja imbangi dengan makanan dan minuman yang sehat.

Allah akan menguji kita dengan cobaan atau nikmat yang berhubungan dengan sisi terlemah kita. Semisalnya bahwa kita adalah seorang pemarah, maka Allah akan menguji kita dengan kejadian yang dapat membuat kita marah. Apabila kita tidak mampu menghadapi ujian tersebut maka kita akan terus diuji seperti itu hingga kita “naik kelas” dan dinyatakan “lolos”

Agar berhasil dalam Ujian, kepada Allah subhanahu wa ta’ala para siswa harus :
1.    Menghamba kepada-Nya dengan beribadah secara sungguh-sungguh : memperbanyak shalat sunnah, puasa sunnah, dsb
2.    Memohon kepada-Nya dengan khusu’ dan penuh harap
3.    Mencari ridho Allah dengan banyak berbuat kebaikan di dunia, termasuk banyak bersedeqah
4.    Bertawakkal kepada-Nya setelah berusaha dengan sungguh-sungguh.

Catatan : dalam berdoa pergunakan waktu-waktu yang mustajab, misalnya adalah saat selesai shalat dan pada sepertiga malam yang terakhir sehabis menjalankan shalat tahajud. Sepertiga malam yang terakhir (antara jam 02.00 hingga menjelang subuh) adalah waktu yang paling baik untuk berdoa. Antara adzan dan iqomah, sesaat sebelum berbuka puasa, dll.

Agar berhasil dalam Ujian, kepada orang tua siswa harus : mencari ridho mereka. Artinya, kita tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan orang tua marah, Maka kita harus selalu melakukan hal-hal positif yang dapat menyebabkan orang tua bangga, bahagia dan ridho kepada kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*