Kurikulum

KURIKULUM

Kurikulum yang dijalankan adalah Kurikulum nasional dan pendidikan Islam atas dasar Alquran dan sunnah diperkaya dengan program unggulan atau plus yaitu:

  1. Tahfizul Qur’an
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab
  4. Sains dan tekhnologi
  5. Muhadharoh (speech)
  6. Life skill : jurnalistik dan  Kaligrafi.

Eskul : PENCAK SILAT

TAHFIZUL QURAN

Kurikulum ini adalah materi wajib kepada setiap murid dan targetnya MINIMAL TIGA JUZ BESERTA TAFSIRNYA. Ini berarti murid harus mampu menghafal Al quran beserta tafsirnya agar dapat memahami kandunganAl Quran tersebut. 19760012Sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah bahwa Alquran itu untuk di tadaburi bukan untuk di hafalkan saja. Maka InsyaAllah program tahfizul beserta tafsirnya akan dapat tercapai dalam jangka 3 tahun.

BAHASA INGGRIS

Bahasa Inggris merupakan sarana komunikasi yangdi pakai di dunia internasional. Bahasa ini wajib bagi siswa untuk menguasainya karena murid2 akan dapat memahami ilmu sains dan teknologi yang semakin berkembang. Dan kita tidak boleh tertinggal oleh karena tidak mampu berbahasa inggris.

BAHASA ARAB

Standar sebuah sekolah yang berkonsep boarding (asrama) bahasa Arab sudah menjadi mutlak dipelajari dan dipraktekan dalam sehari-hari. Untuk mencapai hal tersebut pembimbing asrama yang juga berasal dari pondok akan terus memantau perkembangan kemampuan murid setiap hari. Target pencapaian adalah setelah enam bulan belajar murid harus menggunakan bahasa arab dala aktifitasnya sehari-hari.

SAINS DAN TEKNOLOGI

Salah satu visi dari SMP ISLAM PLUS JANNATUL FIRDAUS adalah menjadikan murid-muridnya mendapatkan prestasi yang gemilang di ajang olympiade sains. Maka program ini di tunjang dengan melengkapi fasilitas laboratorium IPA dan KOMPUTER MULTIMEDIA. Murid akan di bimbing oleh guru yang sangat mahir dalam bidnagnya.

MUHADHAROH

Kemampuan khusus lainnya untuk murid adalah kemampuan berpidato. Mereka akan dipersiapkan untuk dapat berbicara didepan mimbar dan mampu meningkatkan kepercayaan dirinya. IMG_8745[1]Kepercayaan diri anak didik akan terasah dan terlatih dalam berpidato. program ini berlangsung selam mereka belajar di SMPI PLUS JANNATUL FIRDAUS.

LIFE SKILL: JURNALISTIK DAN KALIGRAFI

Ketrampilan Jurnalistik ini berguna dalam menganalisa sebuah persoalan dan dapat menuangkannya dalam bentuk tulisan maupun berupa secara verbal. Salah satu cara untuk mengembangkan pola berfikir anak didik adalah ketika mereka bisa menganalisa sebuah peristiwa dengan baik dan menyimpulkannya. dan KALIGRAFI adalah ketrampilan khusus bagi yang berminat untuk mendalaminya.

PENCAK SILAT

Pencak Silat adalah seni bela diri yang berasal dari negri Indonesia. Dan hal ini sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah dan akan ditangani oleh seorang guru yang sudah tedaftar dalam organisai pencak silat indonesia.12524128_10204690391094260_6565065639196763099_n

Namun dari semua kurikulum yang sudah kami uraikan di atas, yang paling penting dalam menuntut ilmu adalah ADAB. Maka pelajaran adab adalah hal yang pertama yang mereka pelajari. Tanpa adab, maka ilmu tidak akan bermanfaat, tanpa adab ilmu akan gampang hilang,oleh karena itu ADAB ADALAH YANG UTAMA.

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat memberikan gambaran tentang program pembelajaran di SMPI PLUS JANNATUL FIRDAUS. Kami hanya berusaha namaun hanya Allah yang menentukan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*